Produk terbaru :
Home » » Batu Lirang Bang dari Drajad

Batu Lirang Bang dari Drajad

{[['']]}
Desa Drajad, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan tak hanya terkenal dengan makam Wali Songo Sunan Drajad. Desa ini ternyata menyimpan sebuah potensi yang luar biasa, yakni batu akik.
Jenis batuannya asli dari bumi Drajad,mulai dari batuan yang ada di bukit Mertai, pemandian Brumbun dan fosil batuan laut.
Jenis batuan disini memang masih di bawah rata-rata batu yang mahal, seperti bacan. Batu akik disini murni dari batu asli desa Drajad,namun lebih mengutamakan motif dan kekerasan batu dan tidak meninggalkan unsur-unsur yang lain.
“Jenis batuan di sini setara agata dan calsedoni, namun batu onix juga ada disini,” ujar Sugeng Harianto atau yang biasa disapa babe, salah satu pengrajin batu akik asli Drajad.
Harga disini, kata Babe, sangat murah dan variatif,mulai dari harga 25 ribu hingga jutaan rupiah.
Batu yang paling mahal adalah lirang bang (welirang abang), yang tak lain adalah batu peninggalan dari Sunan Drajad. “Batu tersebut biasanya digunakan untuk pengobatan karena unsur magisnya tinggi dan lirang bang sudah langka,”ungkap babe.
Motif batu Drajad lebih variatif karena tak hanya batu gunung atau dari kali, fosil laut pun bisa dijadikan hiasan tangan yang mewah.
Kepala Desa Drajad, Fauzi mengaku, ingin mengangkat potensi batu khas Drajad dan ingin mengoptimalkan ekonomi kerakyatan.
Paling tidak, katanya, para peziarah bisa membawa buah tangan batu akik khas Drajad.
Kepala desa yang juga kolektor batu akik dan pengrajin batu ini mengungkapan, di desanya ada sekitar 9 pengrajin dan alatnya masih sederhana sekali, dan yang paling terkenal adalah cak Babe yang juga ketua paguyuban Pengrajin Watu Aji Sunan Drajad.
“Kami berencana akan mengadakan pameran Watu Aji Drajad di sekitar makam Sunan Drajad dan akan mengundang Dinas Pariwisata Jatim dan Bupati Lamongan, Fadeli. Rencana ke depan kami akan membuka galeri khusus yang di anai dari desa.
Untuk pemasaran tidak hanya lokal tapi sampai ke luar negeri. Mulai dari Malaysia, Singapura, Brunai Darusalam,” katanya.
Batu cintin yang paling laku adalah motif sarang tawon,fosil kayu kembang dan surban sunan atau biasa disebut fosil kerang.
Motif watu aji Drajad tidak kalah indahnya dengan batu akik yang saat ini lagi booming. “Karena keindahan motif inilah saya sebagai kepala desa ingin mengangkat potensi tersebut. Tak hanya membawa nama Desa Drajad dan Lamongan saja, namun juga membawa nama Indonesia ke dunia dengan kekayaan alamnya,” ujar Fauzi.

Baca pula : Lirang Bang Kendit
Bagikan artikel/ produk ke :

+ komentar + 1 komentar

4 Oktober 2016 pukul 03.46

Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

Posting Komentar

 
Dukungan : Kontak Jodoh | Biro Jodoh | Situs Jodoh
Copyright © 2012. Batu Mulia Permata Akik - All Rights Reserved
Cari Pria atau Wanita
Halaman Utama MbahOnline.com