Produk terbaru :
Home » » Batu Permata Lokal Sulawesi Selatan yang Diburu Kolektor

Batu Permata Lokal Sulawesi Selatan yang Diburu Kolektor

{[['']]}
Demam batu permata yang beberapa bulan belakangan ini semakin marak juga berdampak pada hadirnya kembali batu-batu permata khas Sulawesi Selatan yang selama ini tenggelam oleh batu permata dari daerah lain.

Kehadiran batu permata lokal Sulawesi Selatan tersebut menambah khasanah dunia permata yang kembali mencuat. Tentu saja dengan keunikan jenis maupun corak yang ditampilkan.

Arwan, salah seorang penggemar batu permata lokal di Makassar, seperti dikutip dari kabarmakassar.com (Member of Kabar Group Indonesia), mengatakan batu permata Sulawesi Selatan sebenarnya tidak kalah dengan batu permata di wilayah lain. Hal tersebut disebabkan faktor alam Sulawesi yang berada di tengah lempengan besar membuat daerah ini memiliki bebatuan alam dengan corak yang berbeda atau khas.

“Sebenarnya batu alam di Sulawesi tidak kalah dengan daerah lain, khususnya corak atau motif. Ini karena faktor alam, yang secara secara geologi, Pulau Sulawesi memiliki keunikan yakni terletak antara dua lempeng besar.” ungkap Arwan di Makassar, Selasa (17/3/2015).

Selain itu, kata dia, teknik pengolahan batu permata tersebut juga sudah diketahui secara umum di berbagai daerah. Sehingga, memungkinkan batu bongkahan atau rough bisa diolah secara mandiri di daerah masing-masing.

“Selama ini tehnik pengolahan batu alam mulai dari pemilihan batu, pemotongan hingga mengasah hanya diketahui oleh kalangan tertentu saja. Berbeda dengan sekarang, hampir semua orang sudah mengetahui batu apa yang bisa diolah sehingga dapat menjadi permata yang menarik dan bernilai” terangnya.

Arwan mengatakan, dari sejumlah batu permata lokal Sulawesi Selatan sedikitnya ada tujuh batu alam Sulsel yang sangat populer saat ini. Batu-batu permata tersebut memiliki keunikan tersendiri sehingga mendapat tempat di kalangan penggemar batu permata.

Berikut ke tujuh batu permata tersebut.

1. Sissi’ Naga

Sissi’ Naga atau batu mulia jenis akik sisik naga semakin naik daun. Batu bernama latin Septarian nodule asal Kabupaten Enrekang, Sulsel ini, bahkan diklaim sebagai batu akik terbaik di dunia, lantaran memiliki kekerasan yang bagus dan corak yang beragam. Batu jenis ini telah lama ditemukan di dunia, seperti di Rusia, Selandia Baru, dan Kazakhstan.

Namun, jenis dari Kabupaten Enrekang dinilai yang terbaik.

2. Badara Bassi

Badara Bassi atau badar besi adalah batu hematit merupakan batu permata dalam bentuk mineral besi (III) oksida (Fe2O3). Hematit memiliki warna hitam hingga abu-abu perak atau baja, coklat hingga merah kecoklatan atau merah. Dalam skala kekerasan, batu yang memiliki keunikan bisa menempel pada magnet ini berada dalam skala 5 dari 6.

Batu alam ini banyak tersebar di berbagai daerah di Sulawesi Selatan, seperti Gowa, Takalar, Jeneponto dan sejumlah kabupaten lainnya.

3. Akik Solar

Batu akik Solar yang merupakan batu jenis Idocrase (Idokras) ini banyak tersebar di berbagai kabupaten di Sulsel. Salah satu jenis permata yang sangat digemari dan diburu oleh kolektor permata tersebut di antaranya ada di Kabupaten Bone. Kebanyakan batu mulia idokras asal Bone menyerupai warna solar, yakni cokelat kekuning-kuningan.

Popularitas permata jenis ini melejit karena dikabarkan salah satu petinggi negeri ini mengenakan cincin dengan permata jenis tersebut. Popularitas batu ini terus menanjak, di tengah semakin gencarnya para penggemar yang terus memburunya, khususnya yang transparan.

4. Peroso Ogi

Peroso Ogi sebenarnya adalah Brown jasper yang merupakan salah satu varian Chalcedony. Brown Jasper di Wajo, Sulawesi Selatan disebut peroso ogi atau pyrus bugis karena penampilannya mirip pyrus (turquoise). Ciri umum Jasper adalah tidak tembus cahaya (opaque) dan terdiri dari beberapa jenis antara lain Jasper pancawarna, Jasper Batudarah dan Jasper motif berwarna (kebiruan, coklat, kehitaman dan abu abu). Memiliki kekerasan antara 6-7 skala Mohs.

5. Pasir Emas Tondong

Batu pasir emas mempunyai banyak jenis dan warnanya pun juga punya banyak ragam, ada biru bertabur pasir emas ada juga yang berwarna kuning tua seperti emas. Batu yang banyak berada di Tondong Kabupaten Pangkep ini sangat populer lantaran keindahannya. Namun untuk memilikinya, harus ekstra hati-hati, lantaran sudah banyak yang beredar batu yang mirip dengan batu pasir ini

Sekadar informasi, batu pasir mas palsu umumnya terbuat dari mika atau kaca yang kemudian di lakukan proses peleburan dengan sedemikian rupa agar menyerupai aslinya.

6. Badara Cera

Badara Cera atau bloodstone Sulsel dikenal luas oleh para penggemar batu permata. Warna merahnya yang menawan, membuat permata ini menjadi salah satu target guruan para kolektor permata. Bloodstone tersusun dari mineral SiO2 (silicon dioxide) dengan kekerasan 6.5 hingg 7 skala mosh.

7. Akik Sulaeman

Batu Akik Sulaiman identik dengan batu berwarna merah dengan serat alami dengan beraneka ragam corak, sehingga nama batu ini menjadi beragam sesuai pamor atau warna yang terdapat pada batu. Tingkat kekerasan batu yang tersebar d iberbagai daerah di Sulsel ini dibawah 7 skala mosh.

Pemberian nama Sulaeman ini merujuk kepada permata Nabi Sulaeman yang konon juga berwarna merah.
Bagikan artikel/ produk ke :

+ komentar + 1 komentar

4 Oktober 2016 pukul 06.49

Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

Posting Komentar

 
Dukungan : Kontak Jodoh | Biro Jodoh | Situs Jodoh
Copyright © 2012. Batu Mulia Permata Akik - All Rights Reserved
Cari Pria atau Wanita
Halaman Utama MbahOnline.com