Produk terbaru :
Home » » Menteri Perindustrian Resmikan Asosiasi Batu Akik

Menteri Perindustrian Resmikan Asosiasi Batu Akik

{[['']]}
Menteri Perindustrian Saleh Husin meresmikan pendirian Asosiasi Batu Mulia Indonesia (ABAMI). Pasalnya, industri batu mulia (akik) di Indonesia sudah mulai mendapatkan tempat di negara sendiri, ditandai dengan marak dan tumbuhnya masyarakat penggemar batu mulia.

Saleh mengatakan, kondisi ini harus terus dipertahankan sekaligus ditingkatkan dan dikembangkan sehingga batu mulia asal Indonesia dapat diterima di dunia internasional, karena industri batu mulia Indonesia dinilai memiliki kemampuan untuk lebih dikembangkan dan ditingkatkan produksinya.

“Maka, untuk dapat meningkatkan tujuan tersebut yang sejalan dengan visi ABAMI, yaitu menjadikan batu mulia sebagai komoditas unggulan Indonesia dan disegani secara internasional, adalah cita-cita mulia yang perlu kita dukung dan wujudkan bersama,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (26/5)

Menurutnya, hampir semua provinsi di Indonesia memiliki sumber bahan batu mulia dan memiliki produk yang khas sesuai daerah masing-masing. “Batu mulia telah mengakar dalam budaya kita sejak dulu, dengan jumlah penduduk kita yang banyak, kita memiliki pasar yang besar,” kata Menperin.

“Pemakaian perhiasan yang dirangkai dengan ragam batu mulia oleh masyarakat, baik dari kalangan bawah, menengah hingga atas, baik dari anak-anak maupun dewasa, khususnya wanita yang tidak dapat terlepas dalam kesehariannya sebagai bagian dari life style,” kata Saleh.

Kegiatan usaha perhiasan di Indonesia semakin berkembang. Kemenperin mencatat, saat ini, jumlah perusahaan yang bergerak pada industri perhiasan mencapai 36.636 unit dan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 332.802 orang dengan nilai produksi sebesar Rp 11,15 triliun.

“Potensi yang begitu besar ini dapat membantu industri batu mulia Indonesia terus meningkat,” tegas Menperin.

Bahkan dengan kondisi ekonomi dunia saat ini, tidak berpengaruh besar terhadap permintaan ekspor perhiasan di Indonesia. Itu terlihat dari nilai ekspor perhiasan dan permata sebagai komoditi yang terus memberikan nilai positif pada nilai ekspor non migas setiap bulannya.

Pilihan Redaksi

    Menteri Perindustrian Bermimpi Manufaktur Tumbuh 6,8% di 2015
    Kisruh Bandara Banjarmasin Usai, Bisnis Batu Akik Terdongkrak
    Menteri Saleh Minta AHM Genjot Ekspor Hingga 100 Ribu Unit

Pada Maret 2015, nilai ekspor perhiasan dan permata mencapai US$ 538,4 juta atau meningkat sebesar 24,15 persen dibandingkan Februari 2015.


Tantangan Industri Batu Akik

Namun, dalam perkembangannya, industri batu mulia di Indonesia masih dihadapkan dengan beberapa tantangan dan permasalahan. Pertama, batu mulia Indonesia belum diakui oleh dunia internasional, disebabkan belum adanya lembaga sertifikasi perhiasan di Indonesia yang diakui oleh dunia internasional. Akibatnya, nilai jual batu mulia Indonesia menjadi tidak kompetitif.

Kemudian, cadangan bahan baku batu mulia Indonesia diekspor dalam bentuk mentahan dengan harga murah. Hal itu ditambah masalah cutting atau pemotongan batu mulia belum sepenuhnya dikuasai olen pengrajin batu mulia Indonesia.

Selain itu, terkait penerapan teknologi dengan penggunaan mesin dan peralatan yang modern dalam teknik proses produksi masih sangat minim karena keterbatasan modal investasi. Lebih lanjut, mulai banyak bermunculannya laboratorium gemology yang dimiliki oleh bangsa lain juga menjadi tantangan.

“Saya berharap, dibentuknya Asosiasi Batu Mulia Indonesia dapat menjadi partner semua kementerian terkait untuk memetakan potensi batu mulia. Selain itu juga dapat membuat strategi yang komprehensif dalam industri batu mulia sehingga setiap pemangku kepentingan memahami perannya masing-masing,” jelasnya.
Sumber : cnnindonesia.com
Bagikan artikel/ produk ke :

+ komentar + 1 komentar

4 Oktober 2016 pukul 07.05

Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

Posting Komentar

 
Dukungan : Kontak Jodoh | Biro Jodoh | Situs Jodoh
Copyright © 2012. Batu Mulia Permata Akik - All Rights Reserved
Cari Pria atau Wanita
Halaman Utama MbahOnline.com