Produk terbaru :
Home » » Penjelasan Gemologi

Penjelasan Gemologi

{[['']]}
Gemologi adalah salah satu cabang disiplin ilmu dari geologi (khususnya mineralogi) yang mempelajari teknik identifikasi, klasifikasi dan penilaian terhadap kualitas batu permata. Ia adalah pembelajaran sifat-sifat dasar (optik dan fisik) batu permata dengan mengunakan peralatan dasar (standar) gemologi: 10x lensa tangan (kekeran), mikroskop, refraktometer, polariskop, dikroskop, filter warna, spektroskop dan lampu ultraungu panjang/pendek, pengukur, neraca berat jenis. Orang yang terlatih di bidang gemologi disebut ahli/pakar gemologi.
 
Mereka biasanya mempunyai title khusus :
GG (Graduate Gemologist) dari Gemological Institute of America GIA;
AG (Accredited Gemologist) dari Canadian Institute of Gemmology CIG;
AG (Accredited Gemologist) dari Asian Institute of Gemological Sciences AIGS;
CG (Certified Gemologist) dari American Gem Society AGS;
RG (Registered Gemologist) dari International School of Gemology ISG;
PG (Proffessional Gemologist) dari International Gem Society IGS;
Basic Gemmologists dari SSEF Swiss Gemmological Institute;
HRD Graduate Gemologist dari HRD Institute of Gemmology;
European Gemologist dari Federation for European Education in Gemology FEEG;
CGJ dari Gemmological Association of All Japan GAAJ Zenhokyo;
FGA dari Gemmological association of Great Britain Gem-A;
FCGmA dari Canadian Gemmological Association CGA;
FGAA dari Gemmological Association of Australia GAA;
FGG dari German Gemmological Association DGemD;
 
Tetapi ada banyak institusi lain yang hanya memberikan “Diploma/Certificate in Gemology” tanpa adanya suatu title.
Di Indonesia, pendidikan gemologi telah diperkenalkan oleh Institut Gemologi Paramita dan Institut Teknologi Bandung.
Dengan era digital masa kini, khususnya dengan kemajuan teknologi internet, pecinta batu permata lokal mempunyai lebih banyak pilihan dalam meningkatkan pengetahuan batu permata mereka karena banyak lembaga gemologi luar negeri mulai menawari program pendidikan mereka secara online atau lewat korespondensi untuk menjangkau lebih banyak siswa.
Selain peralatan dasar gemologi yang tersebut diatas, peralatan gemologi canggih lain juga digunakan: Spektrofotometer UV/VIS/NIR, Spektroskop Inframerah atau FTIR, Spektrometer Raman, Luminoskop, Fluoresens Sinar-X, Mikroprob Elektron, Mikroskop Elektron Payar, Radiograf, Difraktometer and Imersi Nitrogen Cair. Tetapi mereka adalah untuk para ahli gemologi atau ilmuwan yang berada di laboratorium gemologi yang memiliki pendidikan lebih lanjut.
Saat ini pembelajaran dan perdagangan Batu Permata (Batumulia = Batu Aji = Permata) secara umum dibagi menjadi dua kelompok, BERLIAN dan BATU PERMATA BERWARNA. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan pada penilaian kualitas (warna dan inklusi: Berlian dinilai karena keputihan warnanya {kecuali Berlian Berwarna} dan tidak adanya inklusi; Penilaian pada Batu Permata Berwarna justru karena warnanya dan inklusi dapat diterima) dan kondisi pasar (Harga berlian dikontrol oleh De Beers, tetapi harga Batu Permata Berwarna berfluktuatif tergantung pada suplai yang ada).
Mutiara juga mulai mendapatkan haknya.
Di era gemologi moderen, istilah Permata Batu Mulia dan Permata Batu Setengah Mulia sebaiknya tidak digunakan lagi. Hal ini dikarenakan definisi semacam ini bisa berubah dengan waktu (mis. persepsi yang terpengaruh oleh pemasaran dan suplai pasar), berbeda karena kultur dan tradisi (mis. kesukaan pada warna dan kilap tertentu) dan tergantung banyak faktor lain (mis. adanya banyak mirah dan safir biru jelek yang bernilai lebih rendah dari sebutir biduri delima dan topas biru).
Sebagian besar batu permata adalah mineral. Mineral adalah zat padat anorganik homogen yang terjadi secara alami dan memiliki komposisi kimia tertentu, tetapi tidak selalu sama, serta memiliki struktur atom internal yang khas yang dikenal sebagai struktur kristal. Dalam kata lain, mineral adalah zat padat anorganik alami yang memiliki atom tertentu yang tersusun teratur dan seragam. Mereka dibilang kristalin dan disebut kristal. Ada sekitar 4000 mineral yang dikenal dan diproduksi oleh bumi kita. Tetapi kurang dari 100 bisa dianggap sebagai batu permata.
Untuk bisa menjadi batu permata, suatu mineral seharusnya memiliki tiga sifat dasar berikut ini: KEINDAHAN, KETAHANAN dan KELANGKAAN.
Perhatikan kata yang digunakan adalah “seharusnya” dan bukan “harus”. Kunzite adalah sebuah mineral yang indah dan tidak biasa, tetapi peka cahaya. Sebagai batu permata, ia lebih disukai digunakan untuk acara malam. Oleh karena itu ada yang menyebutnya “permata malam”. Fluorite adalah sebuah mineral indah yang memiliki kekerasan dan ketahanan rendah. Sebagai batu permata, ia di rekomendasikan dipakai pada anting dan liongtin dimana kekasaran sehari-hari lebih dikit.
Tidak semua batu permata memiliki susunan atom internal yang teratur dan seragam (struktur kristal). Batu permata kelompok ini dibilang amorf dan disebut mineraloid. Opal dan obsidian (batu beku) adalah contohnya.
Ada beberapa batu permata yang organik, seperti amber, jet, mutiara, koral dan gading. Mereka adalah hasil biologis (berasal dari tanaman atau binatang).
Beberapa batu permata adalah batuan. Batuan adalah agregat (kumpulan) beberapa mineral dan/atau “mineraloid” yang terjadi secara alami.
Karena kemajuan pesat teknologi di bidang peningkatan mutu batu permata (membuat penampilan lebih indah dan/atau tahan) dan pembuatan permata sintetis, pengetahuan mengenai gemologi lebih diperlukan sekarang dibanding dulu.
Sejak dahulu kala, batu permata dipakai sebagai perhiasan karena kecantikannya, sebagai lambang kedudukan (kekayaan, kekuasaan dan prestasi) karena nilai keuangannya dan/atau karena hal daya mistik dan cerita-cerita legenda yang berkaitannya. Batu permata juga digunakan sebagai benda hias (patung, pot kembang...).
Bagikan artikel/ produk ke :

+ komentar + 1 komentar

4 Oktober 2016 pukul 06.47

Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

Posting Komentar

 
Dukungan : Kontak Jodoh | Biro Jodoh | Situs Jodoh
Copyright © 2012. Batu Mulia Permata Akik - All Rights Reserved
Cari Pria atau Wanita
Halaman Utama MbahOnline.com