Produk terbaru :
Home » » Beberapa Daerah di Sulsel Penghasilan Batu Akik

Beberapa Daerah di Sulsel Penghasilan Batu Akik

{[['']]}
Hampir semua daerah di Indonesia memiliki batu akik yang berasal dari daerah tersebut. Tidak terkecuali dengan Sulawesi Selatan yang sejak lama telah menggemari dan mengoleksi batu mulia.

Berikut kami sarikan  4 Kabupaten di Sulawesi Selatan yang memiliki batu akik khas :

Batu Akik Sisik Naga Khas Enrekang
Batu akik sisik naga merupakan salah satu jenis batu akik yang sedang populer saat ini.  Batu akik sisik naga atau septarian noudels berasal dari sebuah kawasan di hulu sungai di Kabupaten Enrekang. Keunikan sisik naga yang berasal dari Enrekang adalah lebih kaya corak.

Batu Akik Tondong Khas Pangkep
Kabupaten Pangkep yang memiliki bentang alam berupa pegunungan selain lautan juga memiliki batu akik yang dinamakan batu akik Tondong yang mengacu pada asal penambangan batuan ini yaitu wilayah Tondong Tallasa Pangkep.

Batu Akik Pinrang
Beberapa jenis batu mulia yang berasal dari penambangan di Kabupaten Pinrang seperti yang dimuat di website resmi DPRD Pinrang antara lain batu fosil sarang tawon, akik lumut hitam, akik lumut hijau (corak kembang), akik hitam totol putih, akik lumut putih, dan akik amber (motif sulaeman susu coklat) dari Kecamatan Patampanua.

Selain itu, di Kecamatan Duampanua juga memiliki batu mulia berupa akik amber serat coklat, akik serat lumut (merah hati ayam), akik hijau serat benang, akik amber motif kembang, akik jasper putih (serat hitam coklat), akik jasper hijau, akik amber panca warna, akik hitam serat renda putih, akik jasper hijau, akik jasmer merah, akik cempaka dan akik lumut hijau.

Dari Kecamatan Batu Lappa yaitu; akik teratai hitam, akik salu-saludung (motif urat), akik ati ayam, akik fosil kayu nangka, akik serat renda putih ayam, akik cempaka bening, akik malachite hijau, akik lumut kembang merah, kecubung es ungu dan putih, akik anggur putih, akik fosil kayu bitti, akik fosil kayu bambu dan akik cempaka kuning.

Serta dari Kecamatan Suppa, akik kembang teratai. Dan dari Kecamatan Lanrisang, akik fosil kayu lapis

Batu Akik Maros
Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Makassar–ibukota Provinsi Sulawesi Selatan ini memiliki batu akik jenis  batuan akik darah atau yang lebih dikenal dengan nama jasper. Batuan ini berasal dari desa Pattiro Deceng Camba.

Selain itu juga terdapat jenis  batu Calcedony hitam dari kampung Kacici Desa Toddo’ limayya, Tompobulu dan beberapa jenis fosil yang bersumber dari Mallawa. Untuk menggali potensi batu akik tersebut,  Koperasi Wisata Salewangang (KWS) Maros sedang melakukan uji laboratorium terhadap batuan tersebut.
Bagikan artikel/ produk ke :

+ komentar + 1 komentar

4 Oktober 2016 pukul 06.50

Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

Posting Komentar

 
Dukungan : Kontak Jodoh | Biro Jodoh | Situs Jodoh
Copyright © 2012. Batu Mulia Permata Akik - All Rights Reserved
Cari Pria atau Wanita
Halaman Utama MbahOnline.com